web analytics

WEBINAR: DIGITAL TWINS IN THE COMMERCIAL AEROSPACE OEM INDUSTRY

Sebagai calon sarjana teknik industri, mahasiswa dituntut untuk terus belajar memahami dunia industri yang semakin berkembang pesat. Salah satu perkembangan industri yang penting dan harus dipelajari adalah teknologi digitalisasi. Digitalisasi mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan, mulai dari kegiatan administrasi hingga operasi. Dengan adanya digitalisasi, mesin-mesin dapat terhubung dengan internet sehingga terdapat koneksi dengan hardware maupun software yang digunakan untuk mendapatkan data tertentu yang diinginkan. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan tujuan agar pekerjaan menjadi lebih efisien.

Mesin-mesin yang mulai terkoneksi dengan internet akan dapat melaksanakan tugas dengan cerdas dan lebih efisien. Hal ini dapat terjadi karena adanya Digital Twins. Pada dasarnya, digital twins merupakan model virtual dari aset fisik sebuah mesin, yakni sebuah model komputer. Digital twin dapat membantu manusia mengumpulkan informasi berbasis data dan membuat prediksi yang akurat guna melakukan pengambilan keputusan yang berpengaruh pada produktivitas perusahaan. Dengan munculnya Internet of Thingsdigital twin dapat mengumpulkan data kondisi fisik dari peralatan atau perangkat secara terus menerus dengan menggunakan sensor yang terpasang. Semua aspek dalam industri yang dimulai dari proses manufaktur bahkan sampai program untuk pengaturan eksternal, dapat dimasukkan ke dalam digital twin.

                Pentingnya digital twins, melatarbelakangi Teknik Industri Universitas Surabaya untuk mengadakan Webinar dengan judul “ DIGITAL TWINS IN THE COMMERCIAL AEROSPACE OEM INDUSTRY” dengan narasumber Dr. Veronica Martinez yang merupakan dosen Universitas Cambridge. Moderator webinar ini adalah Bapak Ir. Eric Wibisono, Ph.D., IPU. yang merupakan dosen di Teknik Industri Universitas Surabaya sekaligus Dekan Fakultas Teknik Universitas Surabaya. Webinar dilaksanakan pada 17 September 2021 yang diikuti oleh mahasiswa Ubaya yang telah melakukan pendaftaran dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Simulasi Sistem Industri, Pemodelan Sistem dan Production Planning and Control. Webinar berjalan selama dua jam, dimulai pada jam 14.15 WIB sampai 16.15 WIB. Dalam webinar kali ini, materi yang disampaikan tergolong baru bagi mahasiswa tetapi dapat menambah wawasan mahasiswa tentang integrasi proses digitalisasi yang sudah menjadi standar perkembangan teknologi dalam dunia industri.

UA-129886102-1