SMA Santa Maria Surabaya Live In di Ubaya ti November 17, 2023

SMA Santa Maria Surabaya Live In di Ubaya

Universitas Surabaya (Ubaya) menerima kunjungan SMA Santa Maria Surabaya untuk Live In di beberapa fakultas seperti Fakultas Teknik dan Fakultas Teknobiologi Ubaya. Live In dilaksanakan selama tiga hari sejak 27, 30 hingga 31 Oktober 2023 di Kampus II Ubaya, Tenggilis. Sebanyak 12 siswa dibagi dalam tiga kelompok yang masing-masing berisi empat orang, dimana kelompok satu mengikuti kegiatan belajar mengajar di Fakultas Teknik dan dua kelompok lainnya di Fakultas Teknobiologi Ubaya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan terkait dengan proses pembelajaran di sebuah perguruan tinggi. Program ini rutin dan wajib dilaksanakan oleh para siswa dari SMA Santa Maria Surabaya, beberapa siswa lainnya berpencar untuk live in di berbagai sektor lainnya. Sehingga persiapan para siswa untuk memasuki dunia pendidikan atau pekerjaan semakin matang dan siap.

Empat siswa kelas XII dari SMA Santa Maria Surabaya tertarik untuk mengikuti beberapa kelas dari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Ubaya. Disini para siswa dihantarkan dengan beberapa mata kuliah seperti Marketing in Digital Era, Teknologi dan Lingkungan, serta Desain Kerja & Ergonomi.

Pilihan mata kuliah disesuaikan dengan minat dari para siswa, sehingga apa yang akan di dapat saat live in selaras dengan program studi yang mereka minati. Nicholas, siswa kelas XII IPS dari SMA Santa Maria Surabaya mengatakan bahwa dirinya sangat senang dapat mengikuti kelas dari Program Studi Teknik Industri Ubaya. “Seru banget, kakak mahasiswa pendampingnya sangat baik dan ternyata lingkungan ubaya lengkap untuk perkuliahan,” ujarnya.

Selain itu, pengalaman saat live in memberikan mereka gambaran secara lebih luas lagi kepada para siswa terkait perbedaan aktivitas dan sistem belajar di SMA dan Perguruan Tinggi. Nicholas menjelaskan perbedaan di SMA cukup banyak teori, namun di dalam dunia perkuliahan banyak implementasi praktik yang diajarkan. “Kayak tadi aku diajarkan studi kasus permasalahan lingkungan, jadi paham real implementasinya seperti apa,” jelas Nicholas. Oleh karena itu, bagi Nicholas yang gemar terhadap Teknik Industri, kegiatan ini memberikan gambaran lebih lanjut untuk memantapkan minatnya. (sin/sin)

SMA Santa Maria Surabaya Live In di Ubaya