Studi Ekskursi dan Kunjungan Perusahaan Semester Ganjil 2023/2024 ti December 1, 2023

Studi Ekskursi dan Kunjungan Perusahaan Semester Ganjil 2023/2024

Studi Ekskursi (SE) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kelompok Studi Mahasiswa Teknik Industri Universitas Surabaya (KSM TI Ubaya) yang didukung oleh Program Studi TI (PSTI) Ubaya. SE untuk Semester Ganjil 2023/2024 diadakan pada 7 November 2023 untuk mahasiswa baru PSTI Ubaya, bersama dengan beberapa dosen, yakni Bu Dr. Indri Hapsari dan Bu Dr. Rosita Meitha Surjani. Pada SE kali ini, mahasiswa baru PSTI Ubaya didampingi dengan dosen mengunjungi PT. Petrokimia Gresik dan Aston Hotel Gresik. Dengan mengusung tema “EXPERT”, Exploring Excellence in Petrochemicals and Hospitality, SE ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru terhadap wawasan baru mengenai dunia lingkup kerja seputar dunia teknik industri beserta dengan pembelajaran mengenai penerapan materi terhadap dunia kerja.

Acara SE dimulai dengan kunjungan ke PT. Petrokimia Gresik, yang dibuka dengan  sambutan dari pihak Petrokimia dan disambung dengan Bu Dr. Indri Hapsari dan Bu Dr. Rosita Meitha Surjani. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai PT Petrokimia Gresik, yang diteruskan dengan tur pabrik menggunakan bis. Pada tur ini para mahasiswa dikenalkan dengan lingkungan pabrik yang dimiliki oleh PT. Petrokimia Gresik. Kunjungan pada PT. Petrokimia Gresik ditutup dengan sesi foto bersama dan pemberian souvenir.

Sebelum mengunjungi perusahaan berikutnya, peserta SE diajak ke ke GressMall untuk ishoma. Di sini peserta SE makan siang bersama di outlet Nasi Goreng 69. Setelah sesi ishoma ini selesai, peserta SE kemudian mengunjungi Aston Hotel Gresik. Di kunjungan yang kedua ini, acara dibuka oleh pimpinan dari Aston Hotel Gresik dan sambutan dari manager Aston Hotel. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai cabang Aston Hotel. Setelah pemaparan materi dari pihak Aston selesai, maka peserta SE menikmati sajian coffee break yang telah disediakan oleh Aston Hotel Gresik. Sesi selanjutnya adalah tur yang dipandu oleh staf Aston Hotel. Untuk tur ini, peserta SE dibagi menjadi tiga kloter, kemudian diperlihatkan kamar hotel yang memiliki jenis yang berbeda di setiap kaman dan di tiap lantainya. Setelah sesi tur selesai peserta SE berkumpul kembali di main hall untuk mengikuti sesi ice breaking.  Acara ditutup dengan pemberian souvenir dan foto bersama. Selanjutnya, peserta SE pulang menuju ke Universitas Surabaya.