Kolaborasi SPIL University dan Teknik Industri UBAYA ti February 26, 2024

Kolaborasi SPIL University dan Teknik Industri UBAYA

Pada hari Selasa tanggal 20 Februari 2024 PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) berkunjung ke Program Studi  (Prodi) Teknik Industri  (TI) Universitas Surabaya (UBAYA). PT SPIL merupakan salah satu perusahaan pelayaran petikemas berbasis teknologi terbesar di Indonesia, dengan jaringan logistik yang tersebar di lebih dari 40 pelabuhan di seluruh Indonesia. Bapak Febrian Darmadi dan Ibu Gaby dari PT SPIL melakukan pertemuan dengan Bapak Gunawan selaku Ketua Prodi TI UBAYA, yang didampingi oleh Bapak Stefanus, Ibu Yenny, dan Ibu Esti. Maksud dari kunjungan ini ialah pemaparan program-program SPIL University, antara lain kuliah tamu, magang, penelitian, dan sit-in pembelajaran kelas. Didirikan pada tahun 2017, SPIL University merupakan institusi yang dirancang untuk menjadi pusat pengembangan kompetensi, sertifikasi, kepemimpinan dan budaya organisasi. Keberadaannya mendukung PT SPIL dalam perannya sebagai pilar logistik penting dalam perekonomian Indonesia.

Perlu diketahui bahwa Memorandum of Understanding (MoU) antara UBAYA dan PT SPIL sudah disepakati di tahun 2020, sehingga tahun ini sudah menginjak tahun keempat. Seperti yang didiskusikan pada pertemuan kali ini, sudah banyak kegiatan yang dilakukan bersama oleh PT SPIL dan TI UBAYA. Misalnya, kuliah tamu terkait dengan psikologi kerja, supply chain management, dan logistik, pelatihan, seminar, kunjungan ke depo dan kapal, partisipasi pada lomba, dan magang MBKM. Selain itu, keberadaan Center for Maritime Logistics Innovation (CMLI) di Teaching Industry UBAYA juga merupakan wujud nyata dari MoU tersebut.

Pada pertemuan kali ini, PT SPIL memaparkan beberapa program baru, yang ditawarkan baik untuk mahasiswa maupun untuk dosen. Program penelitian misalnya, bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk memberikan solusi bagi suatu topik atau kasus spesifik yang ditawarkan. Berbeda dengan program magang yang memberikan pengalaman pada mahasiswa tentang dunia kerja dan cara kerja di suatu perusahaan, penelitian merupakan project base program, di mana mahasiswa diharapkan dapat memberikan problem solving untuk project tersebut. Selama program ini, mahasiswa akan dibimbing oleh praktisi dan dosen. Kemudian, program magang. Jika sebelumnya ditawarkan untuk mahasiswa, maka PT SPIL juga menawarkan program tersebut untuk dosen, yang dipilih berdasarkan disiplin ilmu, konsentrasi danexpertisenya. Selanjutnya, dosen akan ditempatkan pada departmen yang ditentukan dan terlibat dalam proyek-proyek praktis, observasi, dan pelatihan. SPIL University juga akan mengeluarkan modul e-learning, yang dapat diakses mahasiswa sebagai salah satu media pembelajaran. Di pertemuan tersebut, PT SPIL juga menjelaskan program sit-in pembelajaran kelas, di mana PT SPIL akan mengirimkan beberapa karyawan pilihannya untuk sit-in pembelajaran di kelas yang sesuai dengan kompetensi dan fungsi kerja masing-masing.

Di samping membicarakan program-program SPIL University, TI UBAYA dan PT SPIL memberikan saran dan feedback terkait kegiatan yang sudah diadakan selama ini. Sehingga, diskusi tersebut dapat mengurangi miscommunication dan misunderstanding yang mungkin saja terjadi di lapangan. Diharapkan kerja sama yang sudah berjalan baik sejauh ini dapat dilanjutkan lebih baik lagi, sehingga lebih banyak kegiatan yang bisa dilakukan, yang bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat.

(ed)