web analytics

WEBINAR THE SEVEN CRITICAL SUCCESS FACTORS IN SHIFT TO SERVICES : THE SERVITIZATION OF MANUFACTURING

Teknik industri menjadi bidang studi yang mempelajari keseluruhan di bidang industri. Mulai dari proses pembelian barang, proses produksi, proses kendali mutu, hingga proses pelayanan. Dalam dunia industri, semua proses tersebut saling berkesinambungan dan sama penting di mana apabila satu proses memiliki masalah, maka masalah tersebut akan menimbulkan permasalahan pada proses – proses lain di dalam dunia industri. Dalam kasus tersebut, kebanyakan seorang sarjana teknik industri cenderung fokus pada proses produksi di lantai utama proses bisnis dan mengesampingkan evaluasi sistem pelayanan.

                Pada ranah pelayanan pelanggan, terdapat beberapa faktor utama yang bisa menjadi acuan dalam proses peningkatan pelayanan atau bisa dibilang faktor kuat dalam proses pelayanan di ranah industri. Adapun faktor- faktor tersebut di kenal dengan Seven critical success factors di mana ketujuh faktor layanan tersebut antara lain : penentuan nilai pasar dan kompetensi internal, menciptakan konteks struktur dan budaya perusahaan yang tepat, membangun dengan baik struktur dan tata kelola layanan dengan baik, mempersiapkan sumber daya penunjang layanan yang memadai, mengelola keterlibatan tiap divisi pada proses layanan secara proaktif, kembangkan hasil proses layanan, dan optimalkan layanan dengan komunikasi yang baik. Ke tujuh faktor tersebut harus dilaksanakan dengan baik dan saling berkesinambungan demi menjaga proses kualitas layanan selalu baik.

                Untuk mendalami dan memberi insight kepada calon Teknik Industri, Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya mengadakan webinar yang memiliki tema serupa dengan permasalahan di atas dengan judul “THE SEVEN CRITICAL SUCCESS FACTORS IN SHIFT TO SERVICES : THE SERVITIZATION OF MANUFACTURING” di mana, Dr. Veronica Martinez yang merupakan dosen di Universitas Cambridge menjadi narasumber Webinar kali ini, dan ibu Esti Rina Dwiyanti, Ph.D. sebagai moderator. Webinar ini diselenggarakan pada hari jumat, 24 September 2021 pada pukul 14.15 WIB dan diikuti oleh kalangan umum baik mahasiswa dari Universitas Surabaya maupun Luar Universitas Surabaya dan pekerja yang membutuhkan sudut pandang dan pengetahuan baru perihal dunia industri dalam aspek layanan. Dengan diadakannya Webinar ini, diharap para peserta mengetahui akan pentingnya ranah layanan dalam dunia industri terutama industri manufaktur dan mengambil poin-poin yang berguna dalam meningkatkan layanan dalam semua dunia industri.

UA-129886102-1