web analytics

Webinar “Bright Start, Bright Future”

Webinar “Bright Start, Bright Future”

Dalam memasuki dunia kerja banyak hal yang harus dipersiapkan. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan lulusan Teknik Industri yang siap masuk ke dunia kerja, Maritime Logistics Club (MLC) Universitas Surabaya (Ubaya) bersama dengan Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) University menggelar webinar dengan mengusung tema “Bright Start, Bright Future”. Kegiatan webinar ini bertujuan untuk memberikan informasi seputar dunia kerja serta apa saja yang harus dipersiapkan saat memasuki dunia kerja kepada mahasiswa Universitas Surabaya. Kegiatan webinar ini diadakan pada hari Jumat (7/10/2022) melalui zoom meeting dengan menghadirkan pembicara yaitu Bapak Febrian Darmadi selaku Human Capital Manager dari PT SPIL dengan moderator Ibu Esti Dwi Rinawiyanti selaku dosen Teknik Industri Ubaya.

Kegiatan webinar kali ini terbuka untuk seluruh mahasiswa UBAYA. Secara khusus, webinar ini wajib diikuti oleh mahasiswa yang mengambil matakuliah Psikologi Kerja dan Manajemen Organisasi, dan mahasiswa yang sedang menjalani Tugas Akhir, serta wisudawan semester ini.

Di awal webinar, Bapak Febrian memberikan sekilas informasi mengenai situasi tenaga kerja di Indonesia saat ini. Kemudian, beliau menjelaskan empat indikator utama untuk meningkatkan kompetensi lulusan (kandidat) dalam menyambut dunia kerja, yaitu belajar, magang, pengalaman dan organisasi. Artinya, selama kuliah mahasiswa (calon kandidat) harus belajar dengan rajin supaya mendapatkan nilai yang baik. Nilai merupakan salah satu penilaian awal terhadap kompetenis teknis dan sebagai parameter untuk menentukan karakter kandidat, seperti kemauan untuk bekerja keras, dedikasi, dan komitmen. Mahasiswa juga dapat mengikuti kegiatan magang untuk mengerti kondisi kerja yang sesungguhnya dan menguasai kemampuan baru. Selain itu, dengan organisasi, mahasiswa bisa mengasah hardskill dan softskill, seperti leadership, kerja sama tim, dan memecahkan masalah. Melalui kuliah, magang dan organisasi, maka mahasiswa mendapatkan pengalaman dan belajar manajemen waktu.

Selanjutnya, Bapak Febrian memberikan beberapa tips agar sukses mengikuti seleksi, seperti penampilan, informasi serta knowledge mengenai perusahaan dan posisi yang akan dilamar. Menurut Bapak Febrian, berpenampilan rapi otomatis akan menunjukkan kesungguhan dalam melamar pekerjaan dan merupakan refleksi dari kepribadian. Kemudian, kandidat juga perlu menggali informasi mengenai perusahaan dan posisi yang dilamar. Pada saat wawancara, kandidat sebaiknya menggunakan bahasa yang luwes tetapi formal dan menunjukkan pola pikir yang runtut dan efisien. Bapak Febrian juga memberikan contoh mengenai Curriculum Vitae (CV) yang baik supaya bisa lolos seleksi administrasi.

Dengan mengikuti webinar kali ini panitia dan semua peserta mendapatkan wawasan baru berupa ilmu, informasi dan juga pengetahuan terkait dunia kerja. Semoga apa yang diperoleh dari webinar ini bermanfaat dan dapat diterapkan pada saat memasuki dunia kerja.

Penulis artikel : Made Dhypta Agastya Denaswara, Joyceline Marchelle , Alberta Christianti Nugraheni, Pujiana Kumalasari, Martino Sanjaya Putra

UA-129886102-1